Latest News

Thursday, June 6, 2013

Anak Buah Kapal (ABK) atau AWAK KAPAL


 

 Anak Buah Kapal (ABK) atau Awak Kapal terdiri dari beberapa bagian.
Masing masing bagian mempunyai tugas dan tanggung jawab sendiri dan tanggung jawab utama terletak di tangan Kapten kapal selaku pimpinan pelayaran.


Hierarki Awak Kapal 

Terbagi menjadi Departemen Dek dan Departemen Mesin, selain terbagi menjadi perwira/Officer dan bawahan/Rating.
* '''Perwira Departemen Dek'''
*# Kapten/Nakhoda/Master adalah pimpinan dan penanggung jawab pelayaran
*# Mualim I/Chief Officer/Chief Mate bertugas pengatur muatan, persediaan air tawar dan sebagai pengatur arah navigasi
*# Mualim 2/Second Officer/Second Mate bertugas membuat jalur/route peta pelayaran yg akan di lakukan dan pengatur arah navigasi.
*# Mualim 3/Third Officer/Third Mate bertugas sebagai pengatur, memeriksa, memelihara semua alat alat keselamatan kapal dan juga bertugas sebagai pengatur arah navigasi.
*# Markonis/Radio Officer/Spark bertugas sebagai operator radio/komunikasi serta bertanggung jawab menjaga keselamatan kapal dari marabahaya baik itu yg di timbulkan dari alam seperti badai, ada kapal tenggelam, dll.<ref>Namun pada awal tahun 1990-an posisi markonis ini terancam dengan adanya peralatan komunikasi yang sangat modern yaitu dengan menggunakan system INMARSAT (International Maritime Satelit) dan GMDSS (Global Maritime Distress Safety System). Komunikasi dengan menggunakan INMARSAT lebih cepat, tepat dan akurat karena menggunakan sistem satelit pengiriman berita bisa lewat e-mail, ataupun telephone secara langsung. Banyak perusahaan pelayaran tidak mempekerjakan seorang markonis di atas kapal, karena para Mualim dan Kapten juga di perbolehkan mengoperasikan peralatan INMARSAT dan GMDSS dengan ketentuan sertifikasi yang layak untuk menggantikan posisi marconist.
Pemerintah telah memberikan kesempatan kepada para ex markonis / operator radio untuk mengambil ijazah Mualim III / ANT III (Deck Departement), akan tetapi tidak semua ex markonis tersebut dapat mengikuti pendidikan untuk mengambil ijazah ANT III tersebut dengan alasan sebagai berikut :
  * Untuk para operator radio yang sudah lanjut usia.
  * Biaya untuk mengambil ijazah ANT III tersebut sangat mahal.
  * Lama pendidikan di tambah praktek kerja laut.</ref>
  * '''Perwira Departemen Mesin''' :
  *# KKM (Kepala Kamar Mesin)/Chief Engineer, pimpinan dan penanggung jawab atas semua mesin yang    ada di kapal baik itu mesin induk, mesin bantu, mesin pompa, mesin crane, mesin sekoci, mesin kemudi, mesin freezer, dll.
  *# Masinis 1/First Engineer bertanggung jawab atas mesin induk
  *# Masinis 2/Second Engineer bertanggung jawab atas semua mesin bantu.
  *# Masinis 3/Third Enginer bertanggung jawab atas semua mesin pompa.
  *# Juru Listrik/Electrician bertanggung jawab atas semua mesin yang menggunakan tenaga listrik dan seluruh tenaga cadangan.
  *# Juru minyak/Oiler pembantu para Masinis/Engineer
  * '''Ratings atau bawahan'''
  *# ''Bagian dek'':
  *## Boatswain atau Bosun atau Serang (Kepala kerja bawahan)
  *## Able Bodied Seaman (AB) atau Jurumudi
  *## Ordinary Seaman (OS) atau Kelasi atau Sailor
  *## Pumpman atau Juru Pompa, khusus kapal-kapal tanker (kapal pengangkut cairan)
  *# ''Bagian mesin'':
  *## Mandor (Kepala Kerja Oiler dan Wiper)
  *## Fitter atau Juru Las
  *## Oiler atau Juru Minyak
  *## Wiper
  *# ''Bagian Permakanan'':
  *## Juru masak/ cook bertanggung jawab atas segala makanan, baik itu memasak, pengaturan menu makanan, dan persediaan makanan.
  *## Mess boy / pembantu bertugas membantu Juru masak

No comments:

Post a Comment

Tags