cekidot...daripada bertele-tele, ini dia daftar kapal terbesar dunia saat ini tahun 2011 dan mungkin menjadi rekor kapal terbesar di dunia spanjang mas lengkap dengan gambar kapal terbesar.
1. Knock Nevis (kapal super tangker)
kapal terbesar dunia tahun 2011 di urutan pertama yaitu, Knock Nevis merupakan kapal floating storage and offloading unit (FSO) sekarang kapal terbesar ini dimiliki oleh perusahaan Norwegia, Fred Olsen production. kapal supertanker knock nevis telah mengalahkan rekor supertangker terbesar sebelumnya dengan emikian kapal super tangker knock nevis mendapatkan rekor kapal terbesar di dunia saat ini. kapal tanker terbesar dunia ini dikenal juga dengan nama Seawise Giant, Happy Giant dan Jahre Viking.
dibawah ini data kapal paling besar di dunia knock devis super tangker :
Tonnage: | 260,941 GT (214,793 NT) |
Length: | 458.45 m (1,504.10ft) |
Beam: | 68.8 m (225.72ft) |
Draft: | 29.8 m (97.77ft) |
Capacity: | 564,650 DWT |
wow...klo panjang kapal sampai 458 meter, kira-kira bisa jadi berapa lapangan sepak bola ya???
Knock Nevis dibangun pada tahun 1979 di galangan kapal Industries's Oppama Berat Sumitomo sebagai Seawise Giant. Kapal itu dibangun untuk pemilik Yunani yang tidak dapat menerima penyerahan kapal.. galangan kapal kemudian melaksanakan hak untuk menjual kapal.
Sebuah kesepakatan ditengahi dengan pengiriman pengusaha Hong Kong pendiri CY Tung dari jalur pelayaran Orient Overseas Container Line.
Sebuah kesepakatan dicapai, tetapi Tung memerlukan peningkatan panjang kapal beberapa meter dan 87.000 metrik ton kapasitas kargo oleh jumboisation. Dua tahun kemudian, kapal paling besar dunia ini diluncurkan dan bernama Seawise Giant.
Setelah mereparasi, kapal memiliki kapasitas 564.763 ton bobot mati (DWT), panjang keseluruhan 458.45 meter (1,504.1 ft) dan draft 24.611meter (80.74ft). kapal ini memiliki 46 tanki, 31.541 meter persegi (339.500 kaki persegi) ruang dek, dan terlalu besar untuk melewati Selat Inggris.Dari tahun 1979 hingga 2004, kapal dimiliki oleh perusahaan Loki Stream AS. Selama periode ini kapal terbesar didunia berbendera Norwegia.
pada tahun 1989-1991 kapal terbesar dunia ini di beri nama Happy Giant .
nah, ini dia gambar kapal terbesar dunia :
Jorden Jahre membeli kapal terbesar di duni ini pada tahun 1991 dengan harga US $ 39 Juta. pada tahap ini kapal terbesar di dunia ini di beri nama Jahre Viking. kemudian kapal terbesar dunia Itu dijual pada tahun 2004.
Kapal terbesar dunia ini rusak selama Perang Iran-Irak pada saat transit Selat Hormuz. Akibatnya ia dinyatakan sebagai kerugian total dan disimpan di Brunei. Pada akhir perang,kapal terbesar dunia ini dibawa ke galangan kapal Keppel di Singapura, diperbaiki, dan berganti nama menjadi Happy Giant. Kapal itu berlayar lagi pada Oktober 1991.
Pada tahun 2004, kapal terbesar dunia ini dibeli oleh First Olsen Tankers Pte. Ltd., dan diganti nama menjadi Knock Nevis dan direparasi menjadi kapal FSO tanker secara permanen. Pada tanggal 30 November 2004, konversi ke FSO selesai. Sejak tahun 2004, dia telah dimiliki oleh First Olsen Tankers Pte. Ltd. Kapal terbesar dunia ini permanen ditambatkan di ladang minyak Al Qatar Shaheen di Teluk Persia, dioperasikan sebagai FSO sampai 2010.
gambar kapal terbesar di dunia
pada tahun 2010, kapal terbesar di dunia ini di ubah nama menjadi MONT dan dikirim untuk breaking up di Gujarat�s Alang-Sosiya shipyard di India.
Dalam hal panjang, Knock Nevis memiliki panjang keseluruhan kapal yaitu 458.45 meter (1.504 kaki), menjadikan kapal ini kapal terbesar di dunia yang pernah dibangun. panjang kapal ini dapat mengalahkan banyak bangunan tertinggi di dunia yang tinggi, misalnya Petronas Twin Towers dengan tinggi 452 meter (1.480 kaki). Menara Sears di 527,3 meter (1.730 kaki), dan Taipei 101 di 509.2metres (1671 ft), dan jauh lebih kecil dari pencakar langit Burj Dubai, di 636 meter (2090 ft).
2. kapal Emma Maersk (kapal kontainer)
kapal terbesar di dunia yang berada di posisi kedua yaitu EMMA MAERSK, kapal Emma Maersk adalah kapal kontainer yang dimiliki oleh AP Moller-Maersk Group. Ketika ia diluncurkan, Emma Maersk adalah kapal kontainer terbesar di dunia yang pernah dibuat, dan pada 2008, kapal terpanjang di digunakan.Secara resmi, Emma Maersk mampu membawa sekitar 11.000 kaki setara unit-dua puluh (TEU) menurut perusahaan Maersk's metode menghitung kapasitas, yaitu kapal ini mampu membawa. sekitar 1.400 kontainer lebih dari kapal lain.
berikut ini data kapal terbesar di dunia urutan kedua emma maersk.
Tonnage: | 170,974 GT (55,396 NT) |
Length: | 397 metres (1,300ft) |
Beam: | 56 metres (180ft) |
Draft: | 15.5 metres (51ft) |
Capacity: | 156,907 DWT, 11,000TEU |
Menurut perhitungan normal, kapasitas muatan Maersk Emma secara signifikan lebih besar dari kapasitas yang terdaftar - between 13,500twenty-foot equivalent units(TEU) and 15,200TEU.T Perbedaan antara official and estimated numbers karena Maersk menghitung kapasitas kapal kontainer berat (dalam kasus ini, 14 ton / wadah) yang dapat dilakukan pada kapal. Untuk Maersk Emma, ini adalah 11.000 kontainer. perusahaan lain menghitung kapasitas kapal kontainer sesuai dengan jumlah maksimum kontainer yang dapat diletakkan di atas kapal.jumlah ini menjadi lebih besar dari jumlah dihitung dengan metode Maersk.
gambar kapal terbesar di dunia
Kapal itu dibangun di Odense Steel Shipyard di Denmark. Pada bulan Juni 2006, selama konstruksi, pekerjaan pengelasan menyebabkan kebakaran dalam suprastruktur nya. Menyebar dengan cepat melalui bagian akomodasi dan jembatan.
pemberian nama Emma Maersk dalam suatu upacara pada tanggal 12 Agustus 2006. Kapal ini dinamai Emma Maersk, istri almarhum Maersk Mc-Kinney Moller's. Kapal berlayar di pelayaran gadisnya pada tanggal 8 September 2006 jam 02:00 jam dari Aarhus, menelepon di Gothenburg, Bremerhaven, Rotterdam, Algeciras, Terusan Suez, dan tiba di Singapura pada tanggal 1 Oktober 2006 pukul 20:05 jam.
Emma Maersk Singapura berangkat keesokan harinya, menuju Yantian di Shenzhen. Dia berlayar ke Kobe, Nagoya, tiba di Yokohama pada tanggal 10 Oktober 2006, dan kembali melalui Shenzhen, Hong Kong, Tanjung Pelepas, Terusan Suez, Felixstowe, Rotterdam, Bremerhaven, Gothenburg dan akhirnya ke Aarhus, dengan kedatangan di pelabuhan yang 11 November 2006 pukul 16:00 jam.
Dia muncul dalam headline sebelum Natal 2006, ketika ia dijuluki SS Santa karena dia terikat untuk Britania Raya dari Cina sarat dengan barang-barang Natal. Perjalanan kembali setelah Natal 2006 melihat kembali ke Cina bagian selatan, penuh dengan limbah Inggris ditakdirkan untuk didaur ulang di Cina.
Penampilannya dalam berita Cina diminta Administrasi Perlindungan Lingkungan Negara berjanji untuk "dekat menonton kemajuan investigasi pembuangan sampah di Cina selatan dengan Inggris". Ia menambahkan bahwa tidak ada persetujuan resmi telah diberikan kepada setiap perusahaan di daerah untuk mengimpor limbah.
Emma Maersk 's round trip biasa melibatkan Ningbo, Xiamen, Hong Kong (arah barat), Yantian (arah barat), Tanjung Pelepas (arah barat), Algeciras (arah barat), Rotterdam, Bremerhaven, Algeciras (yg menuju ke timur), Tanjung Pelepas (yg menuju ke timur), Yantian (yg menuju ke timur), Hong Kong (yg menuju ke timur) dan Ningbo.
3. Queen Mary 2 (Ocean Liner)
Kapal terbesar di dunia tahun 2011 pada posisi ketiga yaitu quen mary 2. Queen Mary 2 adalah sebuah kapal penumpang Cunard Line yang namanya berasal dari kapal Cunard awal RMS Queen Mary, yang sendiri diambil dari nama Mary dari Teck.
ini dia data kapal terbesar di dunia kita
Tonnage: | 148,528 GT |
Length: | 345 m (1,132ft) |
Beam: | 41 m (135ft) waterline, 45 m (147.6ft) extreme (bridge wings) |
Draft: | 10 m (32.8ft) |
Capacity: | 2,620 passengers |
Pada saat dibangun pada tahun 2003, Queen Mary 2 merupakan kapal penumpang terbesar yang pernah dibuat dalam setiap dimensinya. Namun, dia telah kehilangan gelarnya kepada MS Freedom of the Seas milik Royal Caribbean International pada Mei 2006. MS. Freedom of the Seas pun telah kehilangan gelarnya sebagai kapal pesiar terbesar di dunia pada kapal saudaranya atau adiknya sendiri dari induk perusahan mereka Royal Caribbean International, yaitu kapal MS. Oasis of the Seas yang diluncurkan pada November 2009. Kemewahannya Queen Mary 2 termasuk 15 restoran dan bar, lima kolam renang, sebuah kasino, sebuah ballroom, dan sebuah planetarium.nah, ini dia gambar kapal terbesar di dunia yang berada di posisi ke tiga.
Queen Mary 2 merupakan kapal "flagship" dari Cunard dan melakukan perjalanan-perjalanan transatlantik yang tetap. Kapal ini dibuat untuk menggantikan RMS Queen Elizabeth 2, yang merupakan kapal "flagship" Cunard dari 1969 sampai 2004. RMS Queen Mary yang pertama berlayar mengarungi Samudra Atlantik dari 1936 sampai 1967.
RMS Queen Mary 2 dibangun di Chantiers de l'Atlantique, Perancis dari tahun 2001 sampai dengan 2003. desain kapal ini mengingatkan kita kepada Royal Mail Ship legendaris, RMS Titanic. Royal Mail Ship terbesar, termewah dan terkuat dari Britania Raya ini memiliki bobot 8.400 ton dan mampu mengangkut 2.000 penumpang lebih. Cunard mengambil kapal ini pada 26 Desember 2003 di Southampton, Britania Raya. Dan pada 8 Januari 2004 kapal ini dinamai Queen Mary 2 oleh nenek kapal saudaranya Ratu Elizabeth II.
RMS Queen Mary 2 dibangun di Chantiers de l'Atlantique, Perancis dari tahun 2001 sampai dengan 2003. desain kapal ini mengingatkan kita kepada Royal Mail Ship legendaris, RMS Titanic. Royal Mail Ship terbesar, termewah dan terkuat dari Britania Raya ini memiliki bobot 8.400 ton dan mampu mengangkut 2.000 penumpang lebih. Cunard mengambil kapal ini pada 26 Desember 2003 di Southampton, Britania Raya. Dan pada 8 Januari 2004 kapal ini dinamai Queen Mary 2 oleh nenek kapal saudaranya Ratu Elizabeth II.
12 Januari 2004 menjadi awal perjalanan bagi RMS Queen Mary 2. Pada pelayaran pertama dari Southampton, Britania Raya ke Fort Lauderdale, Florida, Amerika Serikat, membawa 2.620 penumpang dibawah komando dari kapten pertama, Ronald Warwick yang sebelumnya menjadi kapten dari RMS Queen Elizabeth 2. Warwick sendiri adalah anak dari William (Bill) Warwick yang menjadi pegawai Cunard dan juga kapten pertama RMS Queen Elizabeth II. Kapal ini kembali ke Sothampton setelah dari pelayaran pertamanya karena gagal merapat di Portugal.
Saat Oimpiade musim panas 2004 di Athena, Yunani QM2 berlayar dari Athena ke Piraeus selama 2 minggu sebagai hotel terapung, melayani mantan perdana menteri Britania Raya, Tony Blair dan Istrinya Cherie, mantan presiden Perancis, Jacques Chirac, mantan presiden Amerika Serikat George Herbert Walker Bush dan tim putra basket Olimpiade Amerika Serikat.
Tahun 2005 menjadi awal perjalanan transatlantik QM2. Di suatu bagasi terkunci tersimpan rilis Amerika Serikat dari buku Harry Potter and Half-Blood Prince karya J.K. Rowling. Hal tersebut menjadi buku pertama yang terbit di atas Royal Mail Ship termahal dan terkuat Britania Raya ini.
Januari 2006, QM2 terjebak saat hendak berlayar ke Amerika Selatan (karena kapal terlalu besar untuk melalui Terusan Panama). Saat berangkat dari Fort Lauderdale, baling-baling sedikit menabrak pembatas terusan, mendorong kapal untuk merendahkan kecepatan, yang akhirnya membatalkan nahkoda Warwick untuk menunda sebagian panggilan untuk berlayar ke Rio de Janeiro, Brazil. Para penumpang langsung menuju ruang nahkoda dan protes karena panggilan yang hilang atau missed call, sebelum Cunard membayar ganti rugi pelayaran. QM2 masih dioperasikan namun kegiatannya sedikit dikurangi karena kapal harus menjalani perbaikan di Blohm + Voss di Hamburg, Jerman pada November 2006. Instalasi ulang baling-baling QM2 berhasil. Perangkat tambahan yang di-instalasi adalah sistem sprinkler di semua balkon kapal. Tambahan, 2 sayap jembatan tersebut diperbesar 2 meter agar memperluas pandangan.
Setelah menyelesaikan perjalanan mengelilingi Amerika Selatan. Pada 23 Februari 2006, QM2 bertemu dengan kapal pertamanya, RMS Queen Mary yang sekarang difungsikan sebagai museum, hotel dan restoran terapung di Long Beach, California. Diambil oleh sebuah perahu sekoci, para Ratu menukar cerobong kapal yang terdengar ke seluruh pelosok kota Long Beach.
Pada 10 Januari 2007, QM2 memulai perjalanan keliling dunia, mengelilingi dunia selama 81 hari. Tanggal 20 Februari, RMS Queen Mary 2 bertemu kapal saudaranya RMS Queen Elizebeth II, juga pada pelayaran keliling dunia tahun 2007 di pelabuhan Sydney. Ini adalah pertama kalinya 2 kapal Cunard bertemu di Sydeny sejak RMS Queen Elizabeth dan RMS Queen Mary melayani sebagai kapal perang tahun 1941. Saat QM2 tiba di Sydney langsung disambut oleh pesta yang cukup meriah saat jembatan Anzac ditutup. Cunard optimis hasil pelayaran mencapai 1 juta dollar untuk ekonomi lokal.
QM2 dan QE2 bertemu dengan kapal lain dari Cunard, MS Queen Victoria atau disingkat QV di dekat Patung Liberty di New York City pada 13 Januari 2008, dengan selebrasi kembang api, QE2 dan QV membuat pelayaran bersama melewati Samudera Atlantik untuk bertemu. Ini menandakan pertemuan terakhir para Ratu Cunard di lokasi yang sama. Cunard berjanji ini akan menjadi pertemuan terakhir dari 3 kapal tersebut, sesaat sebelum QE2 berhenti beroperasi di akhir 2008. Ajaibnya, tiga Ratu Cunard, QE2, QM2 dan QV bertemu lagi di Southampton tanggal 22 April 2008.
Setelah pensiunnya QE2 (pada November 2008) yang akan dijadikan hotel terapung mewah di Palm Jumeirah, Dubai, Uni Emirat Arab, QM2 hanya satu-satunya kapal yang melayani operasional penumpang ke seluruh dunia.
kapal ini pada awalnya terdaftar di Monrovia, Liberia dan kemudian.Berge Stahl terdaftar di Stavanger, Norwegia. kapal ini dibangun pada tahun 1986 oleh Hyundai Heavy Industries. Kapal ini sekarang dimiliki perusahaan Singapura BW Group.karena ukurannya yang sangat besar, Kapal ini hanya dapat merapat penuh di dua pelabuhan didunia yaitu, Terminal Mar�timo de Ponta da Madeira di Brazil dan Europoort dekat Rotterdam di Belanda.
Saat Oimpiade musim panas 2004 di Athena, Yunani QM2 berlayar dari Athena ke Piraeus selama 2 minggu sebagai hotel terapung, melayani mantan perdana menteri Britania Raya, Tony Blair dan Istrinya Cherie, mantan presiden Perancis, Jacques Chirac, mantan presiden Amerika Serikat George Herbert Walker Bush dan tim putra basket Olimpiade Amerika Serikat.
Tahun 2005 menjadi awal perjalanan transatlantik QM2. Di suatu bagasi terkunci tersimpan rilis Amerika Serikat dari buku Harry Potter and Half-Blood Prince karya J.K. Rowling. Hal tersebut menjadi buku pertama yang terbit di atas Royal Mail Ship termahal dan terkuat Britania Raya ini.
Januari 2006, QM2 terjebak saat hendak berlayar ke Amerika Selatan (karena kapal terlalu besar untuk melalui Terusan Panama). Saat berangkat dari Fort Lauderdale, baling-baling sedikit menabrak pembatas terusan, mendorong kapal untuk merendahkan kecepatan, yang akhirnya membatalkan nahkoda Warwick untuk menunda sebagian panggilan untuk berlayar ke Rio de Janeiro, Brazil. Para penumpang langsung menuju ruang nahkoda dan protes karena panggilan yang hilang atau missed call, sebelum Cunard membayar ganti rugi pelayaran. QM2 masih dioperasikan namun kegiatannya sedikit dikurangi karena kapal harus menjalani perbaikan di Blohm + Voss di Hamburg, Jerman pada November 2006. Instalasi ulang baling-baling QM2 berhasil. Perangkat tambahan yang di-instalasi adalah sistem sprinkler di semua balkon kapal. Tambahan, 2 sayap jembatan tersebut diperbesar 2 meter agar memperluas pandangan.
Setelah menyelesaikan perjalanan mengelilingi Amerika Selatan. Pada 23 Februari 2006, QM2 bertemu dengan kapal pertamanya, RMS Queen Mary yang sekarang difungsikan sebagai museum, hotel dan restoran terapung di Long Beach, California. Diambil oleh sebuah perahu sekoci, para Ratu menukar cerobong kapal yang terdengar ke seluruh pelosok kota Long Beach.
Pada 10 Januari 2007, QM2 memulai perjalanan keliling dunia, mengelilingi dunia selama 81 hari. Tanggal 20 Februari, RMS Queen Mary 2 bertemu kapal saudaranya RMS Queen Elizebeth II, juga pada pelayaran keliling dunia tahun 2007 di pelabuhan Sydney. Ini adalah pertama kalinya 2 kapal Cunard bertemu di Sydeny sejak RMS Queen Elizabeth dan RMS Queen Mary melayani sebagai kapal perang tahun 1941. Saat QM2 tiba di Sydney langsung disambut oleh pesta yang cukup meriah saat jembatan Anzac ditutup. Cunard optimis hasil pelayaran mencapai 1 juta dollar untuk ekonomi lokal.
QM2 dan QE2 bertemu dengan kapal lain dari Cunard, MS Queen Victoria atau disingkat QV di dekat Patung Liberty di New York City pada 13 Januari 2008, dengan selebrasi kembang api, QE2 dan QV membuat pelayaran bersama melewati Samudera Atlantik untuk bertemu. Ini menandakan pertemuan terakhir para Ratu Cunard di lokasi yang sama. Cunard berjanji ini akan menjadi pertemuan terakhir dari 3 kapal tersebut, sesaat sebelum QE2 berhenti beroperasi di akhir 2008. Ajaibnya, tiga Ratu Cunard, QE2, QM2 dan QV bertemu lagi di Southampton tanggal 22 April 2008.
Setelah pensiunnya QE2 (pada November 2008) yang akan dijadikan hotel terapung mewah di Palm Jumeirah, Dubai, Uni Emirat Arab, QM2 hanya satu-satunya kapal yang melayani operasional penumpang ke seluruh dunia.
4. Berge Stahl (Bulk Carrier)
posisi ke empat kapal terbesar di dunia tahun 2011 yaitu kapal bulk carrier barge stahl, dibawah ini data kapal-nya
Length: | 343m (1,122 ft) |
Beam: | 65m (208,3ft) |
Draft: | 23m |
Capacity | 364,767 |
kapal ini pada awalnya terdaftar di Monrovia, Liberia dan kemudian.Berge Stahl terdaftar di Stavanger, Norwegia. kapal ini dibangun pada tahun 1986 oleh Hyundai Heavy Industries. Kapal ini sekarang dimiliki perusahaan Singapura BW Group.karena ukurannya yang sangat besar, Kapal ini hanya dapat merapat penuh di dua pelabuhan didunia yaitu, Terminal Mar�timo de Ponta da Madeira di Brazil dan Europoort dekat Rotterdam di Belanda.
5.USS Enterprise(Aircraft Carrier)
Untuk kapal terbesar didunia tahun 2011 kelima di duduki oleh kapal induk milik amerika serikat. woow....kapal induk terbesar di dunia ini bernama USS Enterprise..Dari sekian banyak armada perang US Navy, yang terbesar adalah kapal induk dari kelas Nimitz. Supercarrier kelas Nimitz ini dilengkapi dengan masing-masing 2 reaktor nuklir buatan Westinghouse yang menggerakkan 4 turbin uap yang terhubung dengan 4 poros propeller kapal.
ini dia data kapal induk terbesar di dunia :
Length: | 342m (1.123 ft) |
Beam: | 40,5 (132,8 ft) |
Draft: | 12 m (39 ft) |
Mesin turbinnya menghasilkan 260,000 tenaga kuda yang dapat menggerakkan kapal dengan kecepatan 30+ knots. Dengan reaktor nuklir ini artinya kapal ini tidak perlu �ngisi Pertamax� selama 20 tahun. Dengan sistem logistik yang dimiliki oleh US Navy memungkinkan kapal ini untuk berlayar mengelilingi dunia non stop tanpa perlu berhenti dan bersandar di pelabuhan untuk mengisi ulang logistik.
Dengan ukuran panjang 342 meter, beam 40 meter dan draft 12 meter, Nimitz-class supercarrier mempunyai displacement 101,196 ton. Total kru onboard adalah 5,700 orang, terdiri dari 3,200 pelaut dan 2,500 wing udara. Total pesawat yang dapat dibawa adalah 85 unit yang merupakan kombinasi dari F-18E/F Super Hornet, EA-6B Prowler, E-2 Hawkeye, C-2 Greyhound, SH/HH-60 Seahawkdan S-3 Viking.
nah..sekian dulu pembahasan dari kapal cargo terntang kapal terbesar didunia
nah..sekian dulu pembahasan dari kapal cargo terntang kapal terbesar didunia
No comments:
Post a Comment