Seperti janji saya yang kemarin hari ini saya akan posting tentang cara menghitung anoda korban pada kapal tapi sebelum kita menghitung anoda korban kapal ada baiknya kita tau cara menghitung laju korosi. laju korosi sendiri dapat di hitung dengan berbagai metode (kemaren waktu ngerjain skripsi saya pake metode kehilangan berat)
Dalam hal ini perlu memperhitungkan luas relatif dari anoda dan katoda, karena apabila anoda telah terkorosi habis maka katoda akan segera terkorosi. Jadi laju korosi anoda harus diperhitungkan untuk memperkirakan penggantian anoda. Parameter untuk menghitung laju korosi adalah keluaran arus per satuan luas permukaan terbuka yang juga disebut laju pengausan (wastage). Juga dinyatakan dengan laju hilangnya logam dalam satuan volume maupun satuan masa perluas permukaan per tahun. Dalam perlindungan korosi dengan metode anoda korban ini, laju korosi dapat dinyatakan sebagai berikut
Cr = (K.W)/(D.A.T)
dimana :
CR = Laju korosi (mm/th)
W = Massa yang terkorosi (gram)
A = Luas tercelup (cm2)
K = 8.76 x 104
T = Waktu (jam)
D = Densitas (gram/cm3)
CR = Laju korosi (mm/th)
W = Massa yang terkorosi (gram)
A = Luas tercelup (cm2)
K = 8.76 x 104
T = Waktu (jam)
D = Densitas (gram/cm3)
Perhitungan Kebutuhan Anoda Korban kapal
Luas permukaan basah (wetted surface area) merupakan rancang bangun luas permukaan lambung kapal yang tercelup di dalam air laut sangatlah diperlukan, untuk menentukan berapa banyak anoda yang diperlukan, tempat peletakan anoda korban, dan lain sebagainya.
Luas permukaan basah (wetted surface area) merupakan rancang bangun luas permukaan lambung kapal yang tercelup di dalam air laut sangatlah diperlukan, untuk menentukan berapa banyak anoda yang diperlukan, tempat peletakan anoda korban, dan lain sebagainya.
langkah-langkah perhitungan kebutuhan anoda kapal secara garis besar yaitu sebagai berikut :
- Perhitungan permintaan arus (Ic)
- Perhitungan masa anoda korban
- Kemampuan material anoda korban
- Faktor guna anoda korban (u)
- Perhitungan arus keluar
sekian postingan dan file dari kapal cargo blog untuk anda yang ingin mengetahui cara menghitung anoda korban pada kapal
No comments:
Post a Comment